Follow elsaayolanda on Twitter

Thursday, April 30, 2015

Pengalaman Alergi

Hellooow gut pipeeel ! *ceritanya biar kaya tipi gaul itu*
Are you good? Cause i'm not, hahah

Well, jadi... begini ceritanya...
Beberapa hari yang lalu, gue sempet keujanan. Hujannya gerimis tapi agak deres gitu. Nah, berhubung hujannya rada nanggung, deres engga, ringan juga engga dan jarak kos ke kampus yang juga deket jadinya gue males untuk buka payung. Toh, liat orang sekitar juga ga ada yang pake payung (padahal belum tentu karena ga mau pake sih, bisa aja karena mereka ga punya kan? *syedih*).  Gue menduga sih, dari situ bakal kenapa-napa tapi gue mengantisipasi dengan nanti bakal keramas sesudah pulang dari kampus.

Nah, pas pulang dari kampus dan setelah ngobrol ngalor ngidul macam si doel, pada akhirnya gue mandi. Iya, mandi, Beneran mandi. TAPI LUPA SAMPOAAAAN :(. And, you know what? Seakan-akan gue kena short term amnesia dadakan, masa habis mandi sore itu malemnya malah beli es krim di kedai es deket kosan *ngoooooook*. Ditambah lagi, belakangan ini malah sering duduk di lantai. Well, my bottom (if it's too harsh to call it 'pantat') is very sensitive. I can't sit on a cold floor no matter for how long. Even just for 5 minutes or 1 hour. Automatically, I will get 'masuk angin'. Orang Indonesia memang biasa menyebutnya dengan istilah masuk angin, Kalo orang bule sih biasa nyebutnya 'catch a cold'. Yes, catch a cold! So don't you ever say 'enter wind'. LOL! ;v


Besoknya, aktivitas berjalan seperti biasa. Nah, pas sorenya gue baru inget kalo kemaren belum sampoan karena badan udah mulai terasa ga enak. Tapi mau mandi juga ga berani karena airnya terlanjur dingin. Yaudah jalan tengahnya, gue sampoan aja tanpa mandi. Macam di salon2 gitu lah. Malemnya, gue sama wenny memutuskan ke TogaMas tapi mampir dulu ke Saboten Shokudo. Nah, pas dari situ deh mulai terasa. Kepala mulai pusing dan badan terasa mual. Gue coba pesen Chicken Katsu BBQ sauce + Lemon Tea Hangat. Padahal sebelumnya, makan disitu abis-abis aja tapi kali ini nasinya kemakan ga sampe separo. Ngabisin chicken katsu-nya pun dengan penuh perjuangan sambil nahan muntah. Akhirnya gue terpaksa bilang ke Wenny kalo rencana ke TogaMas terpaksa dibatalkan dan dialihkan ke rencana ke apotik (not a good subtitute actually). -_-
Di apotik, gue beli neuralgin + tolak angin cair sachet. Biasanya nih formula yang manjur. Neuralgin itu analgesik, beli karena tiba-tiba badan terasa pegel dan sakit. Tolak angin ya jelaslah buat ngatasin enter wind, eh! masuk angin tadi. Minum obat itu dan langsung tepar di kasur (padahal baru abis maghrib). Tengah malemnya kebangun karena ga bisa tidur lagi. Tapi kepala terasa sakit jadi minta panadol sama wenny. Subuh baru tidur lagi.

The day after, i'm not getting better. Malah mata bengkak (dari tengah malem itu) + demam. Gue memutuskan untuk minum panadol + neuralgin aja. Ternyata gue merasa sesak napas dan dada terasa sakit. Semua orang pada nyuruh ke dokter tapi kan... ogah! Siangnya coba minum panadol aja, juga terasa sesak napas. Well, kayanya si panadol ini yang bermasalah ke gue. Di tengah segala macemnya itu daerah muka terasa gatal di beberapa titik. Ah mulai curiga nih. Malemnya coba minum ultraflu + tolak angin cair lagi. Subuhnya terasa sesak banget  sampe harus ambil posisi setengah duduk dan (sorry) unbutton my bra. Entaaah sebenernya apa yang bikin sesak, si panadol apa si ultraflu, apa si tolak angin, apa efek dari alergi.
Ok ok! Gue nyerah T_T

Besokannya..
Gue akhirnya ngaku ga bisa ngatasin ini sendiri akhirnya gue memutuskan untuk ke Poliklinik UB. Cerita tentang poliklinik UB bisa dilihat di sini.

*di dalem klinik*
Percakapan dokter dan pasien....

Dokter: Ya, dengan mbak elsa yolanda? Panggilnya siapa?
Me; Elsa *senyum*
Dokter: Keluhannya apa?
Me: Ini  dok, tadinya masuk angin terus sekarang jadi alergi. Terasa gatal di muka dan kadang suka sesak napas juga.
Dokter: Alergi apa mbak?
Me: Hehe, saya juga belum tau dok.

Alergi ini memang masih jadi misteri buat gue. Gue sendiri belum tau penyebabnya apa karena dia jarang kambuh juga. Hanya kalo gue lagi kurang enak badan / cape yang mana kondisi kekebalan tubuh lagi ga bagus, barulah ada kemungkinan alergi ini kumat. Itu juga jarang. Ga selalu kalo kecapean langsung alergi gitu, nggak kok.

Setelah dilihat mata gue yang agak bengkak (padahal udah agak mendingan hari itu)

Dokter: Oh iya, alergi itu mbak. Iya, itu matanya bengkak dua-duanya. Kalo sakit mata kan biasanya cuma satu. Kalo dua-duanya alergi itu mbak. Kok bisa separah itu? (padahal sekali lagi gue kasih tau ya keadaan gue saat itu udah sedikit mendingan, gimana kalo gue kesana pas matanya masih bengkak banget? Apa kata dia nanti?)
Me: *senyum aja*

Here's the proof...



Terus si dokter juga bilang..
Dokter: Kok baru dateng kesini?
Me: (To be honest ya, you always be my last option, doc!). Of course, that's only in my heart, I won't say it directly.
Dokter: Yaudah saya kasih obat alergi sama vitamin ya.. Kalo lagi alergi harus kuat sistem imunnya karena ngelawannya pake kekuatan imun. Jadi, kamu harus kuatin dulu itu.
Me: (Iya, juga sih. Ini kumat alerginya kan karena sebelumnya masuk angin)

Akhirnya gue dikasih tiga macam 'permen'. Satu vitamin warna merah merk Supravit, satu anti inflamasi dan anti alergi warna orange merk Dexamethasone Harsen, dan satu anti histamin merk Cetirizine and it's all for free!

Color candy

Then, I called my mom to told her that I've visited doctor and got the medicines and all of them are free. Tau, emak langsung bilang apa? Yaudah kalo gitu sekarang kalo ke dokter ga usah ragu-ragu lagi, Orang udah ada yang gratis dan deket kok kenapa susah banget. Kalo kamu sakit flu juga kesasna aja, dek. (Hah? flu doang?). Ga usah minum obat warung lagi, ke sana aja. Apalagi kamu kalo sakit flu kan bahaya tuh. (haaaah? masa?). Ya kan, dulu sampe sinus gitu. (Oh please, itu sinus juga cuma kejadian sekali seumur-umur).
(Heyloooooow -_-)

Alergi sendiri (menurut bahasa gue orang awam) merupakan reaksi tubuh (imun) yang berlebihan terhadap sesuatu. Pemicu alergi disebut alergen. Kenapa berlebihan? Karena pada orang secara umum, bisa jadi sesuatu itu ga menyebabkan alergi atau bisa jadi pada orang yang alergi reaksi si imunnya terlalu lebay. I'll explain about it further and will put the link also.

Tips buat kalian yang punya / kayanya punya alergi:
1. Kenali tanda-tanda alergi pada umumnya (mata bengkak dua2nya, sesak napas, kulit memerah dan gatal, demam, dll). Ga selalu semua gejala itu muncul. Kadang hanya gatal dan demam aja itu juga udah termasuk gejala alergi.
2. Cari tau penyebab alergennya. Kalo udah tau, hindari! Jangan coba-coba nakal apalagi kalo kondisi tubuh lagi kurang fit.
3. Kalo masih belum tau, coba lebih peka. Alergi itu kambuh biasanya pas apa atau setelah gimana.
4. Jangan tunggu sampe parah, segera konsultasi ke dokter.

Best of all, kalian cukup cari tau alergennya apa dan sebisa mungkin hindari. Tingkat alergi seseorang beda-beda sesuai dengan respon tubuh tiap orang yang beda-beda juga. Kalo bisa sih, jangan sering-sering ke dokter cukup jaga diri aja. Lagipula kalo keseringan takutnya nanti obatnya malah jadi kebal di badan. Kan bahaya! Mau diobatin pake apalagi coba?!

That's all, hope will get better soon. Wish me can get rid of this unknown allergy.
Ciaobelaaaah.

ps: Punya pengalaman alergi? Share juga yaaa..

No comments :

Post a Comment